Sabtu, 02 April 2016

My Skincare Routine

Hai hai hai.. 

Kalau sebelumnya aku hanya bahas tentang produk2 makeup ke kalian, kali ini aku bakal bahas tentang skincare yang kalian ga boleh skip kalau mau punya kulit yang bagus dan ga cepat tua. Cewek mana ada sih yang mau keliatan tua, ya ga? :D























Pertama aku bakalan bahas kenapa skincare itu penting banget, apa lagi buat kalian yang suka makeup ya. Kalian wajib banget rawat kulit kalian supaya ga mengalami penuaan dini. Loh, emang makeup bikin kita cepat tua? 
Yah, sebenarnya ga gitu2 amat la ya, secara produk makeup sekarang udah canggih banget, banyak yang udah di lengkapin skincare juga, kayak anti UV, vitamin, mineral, dll. 

Makeup ga akan menjadi masalah jika di cuci dengan bersih. Nah masalahnya terkadang kita merasa cuci muka pakai cleanser, makeup ilang, berarti udah bersih. Tapi ternyata masih ada sisa2 makeup yang tertinggal di pori2 wajah yang kita ga bisa lihat. Hal kayak gitu yang bisa menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. ( Nb: Tapi produk makeup yang kita pakai harus yang aman loh, jangan pakai yang bisa membahayakan kulit ).

So, aku bakalan share skincare routine ku, mana tau bisa jadi salah satu referensi dalam memulai dan memilih skincare yang cocok di kulit kalian. :)
Untuk info, kulitku tergolong kombinasi normal berminyak. Biasanya daerah yang berminyak di bagian T zone dan bagian dalam pipi, walaupun masi tergolong ga banyak2 banget minyaknya.

Di foto pertama + ke tiga itu adalah semua produk skincare yang aku punya dan pakai. 
Sedangkan di foto kedua adalah produk2 yang aku pakai setiap harinya. ( Kecuali yang pink sih, yang snail recovery gel, itu aku pakai 3x seminggu )

Aku bakalan urutin step2 aku pakai skincare ini mulai dari awal :D


Step 1 
Cleanser!
Yup. Walaupun ga ada di foto ini (ga sempat foto), kamu wajib banget pakai yang satu ini sebelum pakai skincare apapun. Aku biasa pakai Ponds ( facial foam yg pure white ) juga udah bersih kok. :D


Step 2 
Toner
Setelah di cuci bersih, kita perlu pakai toner buat kembalikan ph kulit wajah kita ke keadaan normal.Toner juga membantu mengangkat sisa2 kotoran yg ada di wajah kita. Aku pakai toner Black Out Pore dari Secret Key. Cara pakainya, tuangkan toner ke kapas dan tepuk atau usap pelan di wajah.


Step 3 
Ampoule
Produk ini sebenarnya memiliki fungsi hampir sama dengan essence, tapi ampoule ini konsentrasi kandungan aktifnya lebih tinggi dan umumnya lebih pekat di banding sahabatnya si essence. Kemasannya biasanya botol kaca kecil dan memiliki dropper. Kalian bisa di lihat di foto, yang aku pakai adalah Snail Repair Intensive Ampoule dari Mizon. Ampoule juga membantu penyerapan yg lebih baik untuk skincare yg kita pakai selanjutnya. Cara pakainya, gunakan dropper dan teteskan di wajah 2-3 tetes, lalu baurkan dan tepuk2 pelan di wajah. Ampoule ini bisa kamu andalkan ketika kamu merasa kulitmu mengalami stress dan dalam keadaan yg kurang baik.


Step 4
Emulsion / Lotion / Essence / Serum
Nah, setelah itu kita butuh skincare yang melembabkan kulit. 
Sebenarnya apa sih perbedaan ke empat istilah di atas? Orang2 di barat biasanya pakai istilah serum. Sedangkan di Asia seperti Korea dan Jepang, mereka bagi jadi emulsion, lotion dan essence. Mereka jarang menggunakan istilah serum. 
Terus beda emulsion, lotion dan essence itu apa? Sebenarnya mereka punya fungsi yang sama, yaitu melembabkan kulit kita. Perbedaannya hanya terletak di konsentrasinya, lebih ringan / encer atau lebih pekat. Umumnya emulsion lebih ringan di banding lotion. Perbedaan istilah hanyalah strategi marketing dari produsen. So, kalian ga usa bingung mau beli yg mana, karena semua fungsinya sebenarnya sama. :) 
Kalian hanya perlu sesuaiin dengan kondisi wajah kalian ( normal, kering, berminyak atau kombinasi ). 
Aku pakai mini set Sooryehan yg aku beli dari online shop, dan kualitasnya tergolong bagus sih menurutku. Tapi aku rasa set ini lebih cocok untuk kulit normal atau kering. Untuk kulit yang berminyak, mungkin bakal ngerasa wajahnya makin berminyak pada saat pemakaian.


Step 5
Face Cream / Moisturizer
Setelah melembabkan, kita menggunakan cream wajah untuk menutrisi kulit yang kering, mencegah kulit agar tidak kering dan melindungi kulit dari polusi atau kotoran di lingkungan sekitar.  Banyak jenis face cream yang beredar di pasaran, pilihlah yang aman dan sesuai untuk kulit kalian :)
Aku pakai Snail Cream dari Secret Key untuk memperbaiki dan menutrisi sel2 kulitku. Pijat pelan dan perlahan cream di wajah, lalu tepuk pelan agar cream bisa terserap di kulit.


Step 6 
Eye Cream
Bagi kalian yang punya kantung mata hitam, eye cream ini penting untuk kalian gunakan agar kantung mata tersebut ga makin hitam yang akhirnya bisa menyebabkan wajah kita terlihat tidak sehat dan lebih tua. Cream ini kebanyakan memiliki kandungan anti aging di dalamnya.
Aku pakai Snail Eye Cream dari Secret Key. Cara pakainya tinggal di tepuk pelan di bagian kantung mata dan bagian2 yang memiliki kemungkinan mengalami penuaan lebih awal.


Step 7
Sleeping Mask
Aku pakai produk Snail Gel Recovery Cream dari Mizon di tahap terakhir. Produk ini adalah masker yang bertekstur gel, berfungsi menutrisi dan memperbaiki sel kulit kita. Walaupun bentuknya gel, tapi ga terasa lengket kok waktu di gunakan. Sebenarnya hampir sama fungsinya dengan face cream, aku pakai buat tambahan aja sebenarnya, dan aku cuman pakai 3x seminggu dan kebanyakan waktu aku begadang. Masker ini juga boleh kamu pakai sebelum tidur sampai pagi hari. 


Step 8 
Acne Fighter
Aku pakai Tea Tree Tock Blemish Spot dari Mizon hanya ketika aku punya jerawat di masa menstruasi dan karena kebanyakan begadang. Bentuknya cair dan encer, tapi setelah di totol ke wajah, lama kelamaan bakal mengering dan membentuk seperti lapisan pelindung agar bakteri ga bisa masuk ke daerah kulit berjerawat kita.  


Step 9
Lip Balm
Jangan lupa pakai lipbalm juga sebelum tidur agar bibir kita selalu lembab dan terhindar dari kekeringan dan bibir pecah2. 
Aku gunain Nivea Lip Butter di malam hari dan Maybelline baby lips di siang hari. 


Step 10
Hand & Body Lotio
Bukan hanya kulit wajah aja lo yang perlu kita jaga. Kulit tubuh kita juga butuh nutrisi dan perlindungan. Jadi aku pakai Vaseline Intensive Care Advanced Repair setiap malam sehabis mandi. Kalau siangnya aku pakai Vaseline yang ada SPF nya untuk menjaga kulit kita dari paparan sinar UV matahari yang ga baik untuk kita.  
  


Wah, ribet banget ya kayaknya. Banyak banget step2 nya. Udah mau tidur mah biasanya bawaannya malas, apa lagi yang capek seharian kerja. Tapi kalau mau cantik dan punya kulit sehat ya harus di jaga girls kulitnya. :D
Luangkan sedikit waktu, cuman 10-15 menit untuk merawat kulit, jangan sampe ntar nyesel karena ga awet muda. hoho
Kalau makeup aja bisa sampai 1-2 jam, merawat kulit juga harusnya ga jadi masalah dong :D
Skincare nya ga harus yang mahal2, yang penting aman dan bisa menutrisi dan jaga kulit kita. So, mari kita rawat kulit sehat mulai sekarang. ;)



Fighting, girls! 

Jangan lupa share dan subscribe yaaa ^^

Thank You :* 




Tidak ada komentar :

Posting Komentar